Selasa, 05 Juni 2012

1:57 PM - 1 comment

Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret. pertama kali dengar nama ini, jujur yang terlintas di pikiran adalah sesosok mak lampir yang lagi jualan pop ice. Ternyata dugaan itu salah besar. Yang kudapati ketika masuk kawasan itu adalah om-om berbaju kuning dan tersenyum kearahku.

Yap, es gempol pleret. Ini emang minuman campur makanan yang unik dari Solo. Asli kayaknya. Masih mengemban nama keluarga besar Dawet, es yang satu ini patut sekali dicoba. Jangan sampai seumur hidup ga nyobain es yang satu ini.

Warung ini berada di daerah Mangkuyudan, Surakarta. Kalau kata temen saya yang rumahnya disana sih, daerah itu namanya Bumi, Mangkuyudan. Tepatnya di sebelah SD Tamirul Islam, didepan gallery resto, di seberang kali dalem. Di warung ini menu andalan selain Es Gempol Pleret ada Mie Toprak. Sebenernya juga ada menu lain seperti sop ayam, sop galantin, dan sop sop lainnya. Tapi orang-orang kebanyakan mesen Gempol Pleret + Mie Toprak.

Penampakan Warung

Selama berkunjung kesini, aku mesennya juga cuma bakmi toprak ma es gempol pleret. Untuk harganya sendiri, juga ga terlalu paham. Pokoknya Es Gempol Pleret + Mie Toprak bisa di barterkan dengan uang senilai Rp 11.000,-. Emang nanggung bgt. Kenapa ga 10 ribu atau 20 rb sekalian. Rasanya mie toprak sih enak, lebih banyak dagingnya daripada mie toprak 2 ribuan. Emang sih ga recommend buat pelajar, kecuali buat cowok cowok pelajar yang bisanya makan enak pas dibayarin ceweknya. Kalau gitu terserah kalian.

Bakmi Toprak

Apa yang terkandung dalam gempol ? baik kita operasi es yang satu ini.
1. Gempol : Itu sejenis bola putih di dalem minuman ini. Bukan, bola ini ga ada hubungannya sama shiro nya shincan. Menurut para ahli : "Bola ini adalah tepung beras yang dibulatkan"(@awandaaw). "Bola ini adalah bola hambar yang tidak enak dimakan"(@DennyMP). untuk ungkapan ahli yang terakhir, dia terbiasa makan beling.
2. Pleret : Itu sejenis benda tak berbentuk berwarna coklat dalam minuman ini. Bukan, bola ini bukan eek yang dibekukan. Menurut para ahli : "Benda ini adalah sebuah adonan seperti kulit yang manis, yang dilipat dan diisi gula jawa"(@BiondyR). "Benda ini adalah benda yang nanggung. Manis tidak, hambar tidak" (@DennyMP). Ahli yang terakhir menginginkan kalau benda ini terbuat dari beling.
selain 2 Zat diatas, masih ada dawet hijau2 yang berbentuk seperti kecebong di airbrush hijau nyala di dalem. Kuahnya terbuat dari santan sepertinya. Dan mangkoknya terbuat dari keramik sepertinya, karena ahli kedua bisa memakannya.

Es Gempol Pleret

Begitu aja sob, reviewnya dari jajanan khas Solo yang satu ini. Sangat enak bagi 99.999 % orang. Hanya 1 orang yang menyebutnya tidak enak, saya tidak perlu menyebutkan lagi. Untuk orang yang pertama mencoba, mungkin minuman ini terasa asing. Tapi makan dengan meresapi, dihayati, dan jangan lupa merasakan. Pasti membuat anda ketagihan.

Tambahan foto :

Salah satu pelanggan yang menikmati es gempol pleret pertama kali

Menikmati Mie Toprak ada berbagai gaya. Gaya Brutal seperti diatas

Tempat Peracikan

Tempat Pencucian


Temboknya


1 komentar:

buat mas nya sendiri cara nya menik mati gimana?
yang dimakan
kuah dulu?
gempol dulu?
ato mangkok nya dulu?
pasti mas nya makan nya lebih brutal dari mas nya diatas !!!!

Posting Komentar