7:42 PM -
No comments


Macet
![]() |
Hmm, real men.. |
Udah pernah liat istilah semacem gambar diatas ? Atau mungkin nggak paham dengan maksud gambar diatas ? Oke, aku nggak akan ngatain otak kalian lelet atau otak kalian ngesot. Tenang aja, enggak. Wajar kok kalau nggak paham. Iya, wajar untuk anak muda yang tingkat keingintahuannya setara sama ikan. 'Cuma penasaran sama yang berhubungan sama urusannya sendiri -> Umpan'.
Jadi maksud dari istilah itu adalah 'Pria Sejati pake 3 Pedal'. Pedal disini adalah yang ada di mobil. Tepatnya di bawah roda kemudi untuk saat ini. Untuk saat ini ? Iya, kita susah memprediksi perkembangan teknologi dunia ini. Bisa aja beberapa tahun kedepan pedal ini tersebar merata di seluruh penumpang mobil. Pedal gas di pengemudi, pedal kopling di penumpang tengah, pedal rem di penumpang belakang. Hmm, mungkin yang terjadi gini :
S : Yok, jalan yok. Bro, injek kopling.
PT : Siap, gasnya gedein dulu. *mesinmati*
S : Pelan-pelan begoo ngelepasinnya.
PT : Lu yg bego, tuh rem tangan masih nyantol.
S : *nuruninremtanganyangditarohditengahtengahjokpenumpangdepan*
--Berjalankenceng--tibatibanabrak--
S : Eh, bego banget sih. Kenapa nggak di rem ?
PB : Ya mana aku tau begooo kalo harus ngerem. Mana keliatan dari sini ada geng nenek-nenek pake skateboard nyeberang. Lagian siapa sih yang nemuin pedal rem dipasang di penumpang belakang ???
Iya, dan maksud 3 pedal adalah mobil manual yang masih pake kopling buat pengoperasiannya. Persepsi di masyarakat dan remaja kekinian jaman sekarang, cowok sejati itu yang pake mobil manual. Ya begitulah pandangan publik, kadang ngaco, kadang bener, dan kadang bikin pengen ngebego-begoin..
Okay, kali ini aku mau ngomongin soal 'Berkendara'. Iya, sebuah tindakan untuk berpindah dari satu titik ke titik lain dengan menggunakan sebuah mesin. Ketika orang jaman dulu menaklukan seekor kuda untuk melakukan transportasi, kita sekarang menaklukan sebuah mesin. Dimana mesin kendaraan sekarang itu paling kecil 5 HP (Horsepower). Kita harusnya bangga, generasi kita bisa naklukin 5 kuda sekaligus dalam satu waktu.
Jaman sekarang, anak mana sih yang nggak naik motor buat ke sekolah ? Iya, aku waktu SMP aja parkiran motor penuh mulu. Nalar aja deh, berapa persen sih anak SMP yang udah 17 tahun ? Nggak mungkin kan 90% anak SMP ini di SDnya tinggal kelas sampe 3x. Oke, nggak perlu diadain penelitian, kita semua udah tau kalau mereka belum punya SIM dan sebagian besar nggak layak untuk terjun ke jalan. Siapa yang peduli ?
Kalau anak seusia itu udah pada bawa kendaraan. Apa yang terjadi ketika produksi anak di sini terus berkembang pesat ? Dan anggep aja anak hasil produksi ini semuanya dikasih motor atau mobil ketika umur 15 tahun. Hasilnya ? Traffic Jam atau Macet atau Tua Di Jalan jadi pengalaman biasa yang hampir tiap hari dialamin semua orang. Kecuali bagi mereka yang dibeliin roket NASA sama orangtuanya buat berangkat ke sekolah atau kuliah. Pasti banyak yang iri sama anak-anak itu..
Macet : Sebuah kondisi dimana kita diberi opsi untuk menambah pahala atau dosa. Pahala ketika kita bersabar dan tetap tersenyum. Dosa ketika kita memodif mobil kita ala Death Race dan berkendara semacem Jason Statham difilm itu yang lagi kebelet pup.
Aku disini bakal ngomongin soal etika-etika apa aja dalam berkendara yang harus kalian perhatikan ketika macet. Iya, banyak banget orang di negeri ini yang bisa beli mobil dan motor yang keren-keren. Tapi etika-etika ini nggak ada yang jual. Nggak ada dealer mobil atau motor yang ngejual 'etika di jalan' dalam nawarin produknya. Bukan karena mereka pelit, bukan karena menurut mereka enggak menguntungkan, tapi ya karena hal ini bukanlah sesuatu yang diperjualbelikan dan bisa support bagi semua orang. Untuk menerapkannya, butuh penjelasan yang jelas dan pribadi yang sadar diri. Susah ditemuin..
1. Separah Apapun Macetnya, Motor di Barisan Paling Kiri.
![]() |
Contoh Tercela |
Ketika dalam kondisi macet. Jalur di sebelah kanan mobil atau jalur di bagian luar emang menggiurkan untuk dilewati. Apalagi ketika space yang tersedia cukup untuk motor yang kalian kendarain. Jangan sampai terlena cuma gara-gara bawa motor kecil dan merasa 'Aku bisa nyelip dimana aja aku mau'. Iya, kalian emang terlihat kecil. Bagi pengendara truk kontainer pun kalian terlihat kecil, saking kecilnya juga susah terlihat. Ketika Bapak Truk ini mau ke kanan dikit, motor ini ga keliat. Kelindes deh. Penyet deh. Mati Konyol deh..
Emang dirasa nggak terlalu berbahaya sih. Tapi hal ini bikin tingkat macet biasa berubah menjadi tingkat macet semrawut ketika ini dilakukan secara massif dan terstruktur. Dan sewaktu-waktu bisa berubah menjadi tingkat macet buntu. Dimana muncul sebuah simpul mati di pusat kemacetan. Iya, cuma gara-gara motor kecil-kecil.
![]() |
Contoh Terpuji. Hmm, banyak juga. Bagus-Bagus... |
2. Jangan Ambil Jalur yang Bukan Hakmu
![]() |
Contoh Tercela, Catet tuh BUS MIRA |
Ini juga nggak kalah menggiurkan bagi pengendara. Jalur Lambat. Jalur yang diperuntukan bagi kendaraan tak bermotor dan kendaraan yang mau menepi masuk di sebuah lokasi. Tapi ketika macet, banyak orang yang justru gunain ini jalur layaknya Jalur Cepat Bebas Hambatan. Iya, nyelonong aja, ngebut disana, dan ngejek orang-orang di jalur gede yang lagi macet. Selama hal ini enggak disuruh oleh pihak berwajib, jangan dimasukin..
Mungkin kalian emang cepet, tapi ketika kalian udah ketemu titik simpul kemacetan. Kalian yang mengambil jalur ini bakalan bikin keadaan semakin bertambah buruk. Bayangin deh, misal kemacetan ini timbul karena 2 jalur dijadikan 1 jalur kecil, dan kalian yang berasal dari jalur salah ini membuat keadaan justru 3 jalur jadi 1 jalur kecil. Dan semuanya berebut layaknya hukum rimba untuk masuk ke jalur kecil ini.
3. Jalur Menyempit, Utamain Cara Masuk Berurutan
![]() |
Ilustrasi |
Ini yang paling sering nggak disadarin oleh banyak pengendara. Cara sederhana buat masuk ke penyempitan jalur. Dimana hal ini merupakan salah satu penyebab kemacetan. Dan tindakan sederhana yang apabila disadari sama semua orang, bakalan bikin macet ini nggak bertambah parah. Udah paham belum maksud dari gambar itu ?
Jadi semisal ada 2 jalur nih. Jalur mobilku sama jalur kananku, yang diatas sana diisi sama mobil putih. Kita bakalan mengerucut ke 1 jalur kecil. Nah, mobil biru itu mobil yang sejalur sama aku. Kalau aku orang yang egois, dan bodo amat sama 'Cara Masuk Berurutan', aku bakalan nempel sama mobil biru dan ngebiarin mobil putih larut dalam kebimbangan karena dia nggak dapet jalur. Bayangin perasaan sopir mobil putih deh, sakit..
Terlihat sederhana, tapi ini bikin teratur dan macet bakalan lebih lancar. Ada urutan, bukan saling ngotot layaknya hukum rimba. Kalau kelak hal semacam ini udah nggak dipeduliin lagi, mungkin aku bakalan pasang NOS di mobil semacem Fast n Furious dan pasang pelindung semacem di DeathRace. Kemenangan udah didepan mata..
4. Dahulukan Pihak yang Mau Nyeberang
Truk di spion itu mau nyeberang masuk ke pabrik.
Hal semacem ini emang butuh hati yang besar buat ngelakuinnya. Ini bener-bener ngelatih kita buat punya hati yang besar, sekaligus jadi refleksi sebesar apa hati yang kita miliki. Ketika ada orang yang sama sekali ga ngasih lewat orang nyeberang, padahal si pihak penyeberang udah dalam kondisi terdesak diklaksonin belakangnya. Hmmmm, mungkin dia punya hati sekecil upil yang udah terpecah belah karena pengkhianatan kawan. Atau mungkin aja dia udah nggak punya hati, karena hatinya udah ancur jadi butiran debu. Cuiiih...
Apa sih susahnya sejenak ngerem. Ngasih kesempatan penyeberang. Toh itu nggak makan waktu hingga bermenit-menit. Kita juga ga dalam kondisi ada di sebuah balapan. Beda cerita kalau kita lagi di sebuah balapan mobil dan tiba-tiba ada kakek-kakek naik diatas kursi kantor beroda, maksa mau lewat.
Dan kalau kita mau nyeberang, usahain itu emang bener-bener penting dan gabisa nyeberang lagi di titik-titik seberangan lain, selama kondisi macet. Tentuin dulu tujuan dan sasaran kalian mau nyeberang, habis itu rancang rencana penyeberangan, dan jangan lupa isu strategis apa yang mendorong kalian buat nyeberang.
Sebenernya masih banyak sih cara-cara yang harus kita pahamin sebagai seorang pengguna jalan raya. Tapi semuanya itu cuma satu kok sebenernya kunci utamanya. Yup, Turunin Ego. Kita semua di jalan ini punya urgensi yang sama dalam menggunakannya. Kecuali kalau kita pake kendaraan bersirine. Dia punya urgensi yang lebih penting. Selain itu, Kita Semua Sama. Nggak peduli kemana kita bakal pergi, urusan apa kita pergi, dan siapa kita di dunia ini.
"Respect each other and be a smart driver"
Bukan masalah seberapa banyak pedal yang kita gunakan.
Bukan masalah kendaraan apa yang kita gunakan di jalan raya.
Bukan masalah siapa kalian di tempat kita beraktivitas.
Ini cuma masalah separah apa rasa hormat kita sama orang lain. Dan seberapa level tingkat kebegoan kita di dunia ini. Semua itu bisa tercermin dari tingkah kita pas ngadepin sebuah Kemacetan.
Sekarang lagi langganan sama kemacetan yang ini nih :
~Alhamdulillah~
0 komentar:
Posting Komentar